Sunday, July 14, 2013

PALSU

Kebenaran cuma ada di langit dan dunia hanyalah palsu, palsu. - Soe Hok Gie (catatan seorang demonstran)

Kata-kata diatas dikutip dari catatan Soe Hok Gie, seorang pemuda yang berani menyampaikan kritik-kritiknya untuk kemajuan bangsa. 
Jaman sekarang sudah jauh berbeda dengan tahun 60an, dimana pers dan media media kadang menyampaikan berita-berita yang menyimpang dari kenyataan dikarenakan pembungkaman oleh pemerintah. 

Kata- kata yang dikutip dari Soe Hok Gie tersebut dalam pembahasan saya kali ini lebih kepada individual-individual manusia yang notabene nya sering bermulut manis dan seringkali hanya kebenaran tersebut hanya terucap di bibir saja. Entah itu tua maupun muda, janji-janji saja yang dikeluarkan tanpa pembuktian. 

kebenaran yang terucap hanya dari bibir saja, bukan dari otak ataupun hati. Apakah tidak ada lagi manusia yang menghargai janji dan kebenaran? Apakah hal-hal tersebut hanyalah sekumpulan kata-kata belaka yang tidak memiliki arti bagi si pengucap? 

Sangat disayangkan, pengingkaran kebenaran dan janji-janji telah dianggap enteng oleh generasi-generasi modern. Dalam masyarakat yang mengenal teknologi canggih, apakah nilai-nilai dasar seperti itu sudah hilang? Hanya menjadi kepalsuan belaka yang menghiasi bibir bibir sang pembicara. 

No comments:

Post a Comment